Kecewa

KECEWA! Satu kata yang pantas menggambarkan perasaanku untuk kuliah Analisis Transien kemarin. Dosen datang selanjutnya kelompok I seharusnya presentasi. Tapi karena materinya belum dikuasai presentasi ditunda, setelah itu pulang. Mungkin kalau hanya hari itu saja kuliah tidak terlaksana dengan efektif saya tidak akan kecewa. Masalahnya minggu-minggu sebelumnya kuliah hanya lewat tanpa adanya transfer ilmu. Apapun alasannya, mau dibilang sekarang mahasiswa harus mencari sendiri, buat saya dosen tetap bertanggung jawab kalau sampai mahasiswanya tidak mendapat apa-apa kecuali kalau dosennya sudah "menyuapi" tapi mahasiswanya yg tidak mau "makan".

Hari ini hanya satu mata kuliah, Sumber Energi Non Konvensional dan itupun ujian tengah semester. Sebenarnya yang mau saya tulis sekarang adalah materi mengenai kuliah SENK tadi (Mid Test). Tapi karena catatan dipinjam sama teman jadi sekarang saya mau membahas atau mengingat sedikit mengenai Governor yang ada di sistem pembangkitan, materi yang saya dapat dari kuliah Operasi Sistem Tenaga.

Dari yang saya mengerti, Governor itu adalah pengatur. Dia yang mengatur saat ada perubahan-perubahan parameter pada sistem. Contohnya adalah speed drop yang terjadi karena overload. Jika kecepatan motor masih bisa ditingkatkan maka governor akan meningkatkannya, jika tidak bisa maka akan ada pelepasan beban. Governor juga akan berkerja saat beban turun atau turun drastis.

Selanjutnya yang akan saya bahas mengenai permainan catur saya seharian kemarin. Kebanyakan kalah. Setelah introspeksi diri saya mengambil kesimpulan, yaitu dalam permainan catur dibutuhkan kesabaran dan ketenangan. Tidak bisa buru-buru menang checkmate. kalau tidak bisa menang checkmate kita harus menang posisi dan atau kualitas. pernyataan teman saya di Unit Persatuan Catur Unhas yang bilang "yang memaksa yang kalah", ternyata ada benarnya.

0 komentar:

Posting Komentar